_7LoPMGh_kyGFq5ZCEELH0gZvEI

Yamaha Tak Mau Lagi Dicap Motor Boros Bensin

Posting Februari 2014
Yamaha Tak Mau Lagi Dicap Motor Boros Bensin 
Dikutip dari : Muhammad Ikhsan - detikOto


Bandung -Pabrikan motor asal Jepang Yamaha cukup gerah motornya disebut-sebut sebagai motor yang boros bensin. Yamaha pun terus mempromosikan dirinya sebagai produsen yang mengerti isi kantung konsumen.

Yamaha ingin mencoba netral dengan membuktikan kalau sanggup menciptakan motor jenis skutik, bebek dan motor sport yang irit BBM.

"Kita tidak ingin melakukan pembodohan. Kita ingin berbisnis apa adanya. Kalau hemat ya kami katakan hemat, kalau sebaliknya ya apa adanya," kata General Manager Promotion and Community Developer PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Eko Prabowo di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar, Senin (3/2/2014).

Menurut Eko, Yamaha tidak ingin melakukan pembodohan publik dengan mengklaim sebagai produsen penghasil motor efisien. Ditakutkan Eko, klaim tersebut jadi momok besar dan menurunkan image Yamaha.

"Kita tidak ingin melakukan pembodohan. Makanya kita uji jalan di berbagai medan sampai uji jalan yang melibatkan pihak yang independen," kata Eko.

Sementara itu Assisten General Manager M. Masykur mengakui selama ini Yamaha dicap sebagai motor rakus BBM. Namun citra itu sudah berubah sejak beberapa tahun silam.

Yamaha membuktikan diri sebagai perusahaan penghasil motor irit BBM, dimana dibantu dengan teknologi injeksi YMJet-FI yang juga digunakan Yamaha di arena balap MotoGP.

"Cap Yamaha boros itu sangat melekat. Saya pernah menanyakan ke konsumen kenapa tidak beli Yamaha, 'Yamaha boros'," kata Masykur menirukan ucapa konsumen.

Yamaha jengah dengan statement tersebut. Padahal menurutnya, kompetitor Yamaha juga menghasilkan konsumsi BBM yang mengecewakan.

"Tapi padahal kompetitor, actual-nya juga sama. Dan kami sekarang bisa membuktikan kalau motor kita efisien," tutup Masykur.



============================================================================
=================================================================================

Posting Tahun 2011

PENJUALAN MOTOR BARU MENJELANG AKHIR TAHUN 2011





Data dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) target penjualan motor baru pada tahun 2011 di harapkan mencapai angka 8,2 juta unit, namun hal ini sepertinya sulit tercapai melihat angka penjualan pada akhir oktober 2011 baru mencapai 6,9 juta unit , data tersebut di himpun dari berbagai sumber ATPM motor di Indonesia.

Kemungkinan Melesetnya total target penjualan yang di tetapkan tidak lepas dari pengaruh Krisis ekonomi yang terjadi Amerika Serikat, & Eropa, serta bencana banjir di Thailand yang telah berlangsung lebih dari 1 bulan. Untuk mengejar angka penjualan motor sebesar 1,3 juta unit dengan sisa waktu 2 bulan terakhir  tampaknya akan sangat sulit, hal ini tambahkan dengan persepsi & prilaku konsumen di Indonesia yang pada umumnya akan menunda pembelian motor di akhir tahun.

Menurut beberapa calon konsumen, beranggapan bahwa membeli motor pada akhir tahun akan berimbas pada harga jual motor bekas yang lebih rendah di bandingkan harga jual motor bekas yang di beli pada awal tahun berikutnya, atau di karenakan calon konsumen yang berprofesi sebagai pegawai akan menunggu bonus akhir tahun. Di samping itu terdapat isu-isu bahwa beberapa ATPM akan mengeluarkan tipe motor model baru di awal tahun berikutnya, walaupun pada umumnya pihak ATPM akan mengeluarkan suatu tipe motor model baru pada pertengahan tahun.

Untuk tahun ini merk Motor HONDA yang di produksi oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) sebagai ATPM Honda di Indonesia masih memimpin pangsa pasar penjualan motor hingga oktober 2011 sebesar 3,6 Juta unit atau 52 persen dari market share, pada posisi kedua di ikuti oleh PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku ATPM dari merk motor YAMAHA yang mencapai angka penjualan sebesar 2,78 Juta unit.

Posisi ke tiga di tempati oleh PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku ATPM dari merk SUZUKI dengan jumlah penjualan sebanyak 435,520 unit, dan posisi ke empat di pegang oleh PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang merupakan ATPM merk motor KAWASAKI yang baru menjual sebanyak 90,000 unit motor pada akhir oktober 2011 ini. Menempati posisi berikutnya berturut di tempati oleh merk motor Viar, Bajaj, Kaisar, Tvs.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

mohon tulis alamat email anda

KREDIT MOTOR YAMAHA, HONDA, MIO, XEON, VIXION, JUPITER, VEGA, BEAT, REVO, BLADE Headline Animator